Prilaku salah biker cewek

Semua biker cewek punya cara riding nyaris sama, “cenderung kurang safe“. agak kagok, kurang piawai membaca situasi,  riding position yang salah dan anggapan pelan itu aman. bisa menjadi boomerang untuk mereka saat beraktivitas di jalanan. cewek lebih lemah ketika berkendara motor dibanding cowok? jelas mitos salah, karena bukan masalah tenaga yang diperlukan untuk mengendarai motor, melainkan skill.
Berikut beberapa perilaku dominan yang sering dilakukan biker cewek.

  • Tarik gas dan rem, Cewek cenderung tarik gas perlahan dan tetapi ngerem dengan cara mendadak. buat pengendara yang ada dibelakangnya, kondisi ini bikin bingung, klau ngga konsentrasi bisa kena tabrak dari belakang.
  • Posisi tangan, cewek sering memposisikan telapak tangan menghadap ke atas (katanya agar tangan tidak hitam terkena sinar matahari). hal ini mengurangi keseimbangan, sebab otot cewek tidak sekuat cowok, apalagi jika tiba-tiba harus melewati polisi tidur, akan mudah jatuh karena kekuatan genggaman hanya dari oto bisep.
  • Posisi duduk, Cewek dari posisi duduk sering hanya di ujung jok. cara duduk spt ini jelas mempengaruhi keseimbangan keseluruhan, baik keseimbangan pengendara maupun motor.
  • Posisi dengkul, Cewek biasanya selalu merapatkan posisi dengkul ketika diatas motor, posisi ini sering terlihat buat cewek yang naik motor jenis bebek. posisi ini juga dapat mengurangi keseimbangan dalam berkendara.
  • Kaki selalu menginjak rem, Mungkin terasa lebih aman atau memang ngga sengaja. posisi ini lama kelamaan dapat membuat aus komponen pengereman, lebih parah dapat mengakibatkan motor terbakar.
  • Posisi lengan, Cewek selama berkendara sering berkendara dengan lengan lurus kaku, posisi lengan seharusnya rileks dan sedikit ditekuk.
  • Kaki menggelantung, Seakan-akan memperagakan kaki sedang pegal, jadi posisi kaki ngga stand by di rem dan persneling. klau tiba-tiba butuh ngerem.. pasti keburu telat.
  • Pakai jaket dibalik, umumnya jaket dipakai dengan ristleting didepan, tapi cewek malah suka memakai jaket dibalik, bagian punggung didepan. sekedar menutupi bagian lengan dari sengatan matahari. jaket yang ngga terkunci tentunya mengganggu konsentrasi berkendara krn jaket bakal sering melorot di bagian pundak.
  • Menarik ujung jaket, Lupa atau malas memakai sarung tangan sering menjadi alasan utama Cewek melakukan hal ini, sehingga ujung jaket ditarik untuk menutupi lengan atau sebagai pengganti sarung tangan. hal ini berbahaya karena bahan jaket dapat membuat licin handgrip motor.
Sumber : Motor Plus